UA-13231228-1

Mr. Bean

150 150 ARKAND

Mr. Bean

PERSONAL BRAND KOMEDI HEBAT

N A M E  &  B R A N D N A M E

Menghidupi nama karakter.

Nama tokoh dalam cerita fiktif seringkali tidak sesuai dengan karakter yang diperankan. Penulis cerita biasanya menamai tokoh berdasar pada gambaran karakter atau hanya sekedar kesukaan dengan aneka alasan. Penulis cerita fiktif yang hebat memiliki bakat yang baik dalam menamai tokoh-tokohnya. Sesuatu yang intuitif. Hal ini sangat menentukan keberhasilan menyentuh lapisan pikiran bawah sadar para pembaca dan penonton. Nama yang tepat adalah bagian sangat penting dalam menciptakan tokoh fiktif yang dikenal dan diingat para pembaca dan penonton dengan baik. Tak terlupakan oleh waktu.
Tokoh fiktif yang diperankan oleh seseorang yang tepat memberikan pengaruh pada ketenaran tokoh yang diperankan sekaligus menjadikan pemeran sebagai tokoh yang hidup. Hebat sekaligus menguntungkan jika si pemeran menghidupi tokoh yang namanya berstruktur lebih baik daripada nama dirinya sendiri. Sekali ini saya mengambil contoh Mr. Bean.

Mr. Bean diperankan oleh Rowan Atkinson dalam serial komedi Mr. Bean dan juga beberapa film layar lebar. Orang banyak lupa siapa nama aslinya. Orang lebih mengenalnya sebagai Mr. Bean.

Mr. Bean – Rowan Atkinson | Sumber: themightyfeed.com

Nama Rowan Atkinson membentuk kualitas struktur yang kuat dalam berpikir dan berkarya. Banyak kesempatan yang hilang tak dapat dimanfaatkan dengan baik. Success core-nya ada di seni peran meski dalam base codex terdapat dua arah lain: ilmu pengetahuan dan filsafat.
Rowan Atkinson memulai perjalanan karir di dunia seni peran sejak tahun 1979 dalam drama radio komedi di BBC Radio 3 dalam acara The Atkinson People yang isinya adalah wawancara satir dengan beberapa tokoh fiksi yang diperankan oleh Rowan Atkinson sendiri.

Di tahun 1979 itu juga Rowan Atkinson memulai karir seni peran di televisi dalam acara Canned Laughter dalam program tayang London Weekend Television. Setelah itu Rowan Atkinson bekerja sama dengan kawannya John Lloyd menciptakan satu acara komedi Not the Nine O’Clock News untuk BBC. Di acara ini Rowan Atkinson berperan bersama Pamela Stephenson, Griff Rhys Jones dan Mel Smith.
Kesuksesan acara komedi di BBC mengantar Rowan Atkinson untuk memerankan Edmund Blackadder dalam serial The Black Adder

Dengan brand yang berstruktur kuat, serial The Black Adder tercatat menjadi satu acara komedi situasional paling berhasil di BBC pada masa itu (1983 – 1989).

Serial televisi selanjutnya adalah Mr. Bean yang dimulai sejak tahun 1990 hingga 1995. Tidak sepanjang The Black Adder namun mencapai sukses lebih hebat dan mendunia.
Rowan Atkinson memerankan Mr. Bean dengan sangat baik. Nama tokoh fiktif ini membentuk struktur lebih baik daripada semua nama tokoh yang pernah diperankannya, bahkan daripada struktur namanya sendiri. Hal ini menjadikannya sangat terkenal sebagai Mr. Bean, bukan sebagai Rowan Atkinson.

Serial Mr. Bean dibuat juga dalam animasi kartun dengan pengisi suara Mr. Bean oleh Rowan Atkinson. Serial kartun Mr. Bean tayang mulai tahun 2002 – 2004 kemudian dilanjutkan lagi mulai tahun 2015 hingga sekarang.
Mr. Bean juga tampil dalam beberapa acara televisi lain: Late Night with Conan O’Brien (1996), Bondi Rescue (2010) dan juga di satu acara spesial The Olympics Opening Ceremony (2012).
Pada tahun 1997 diangkat ke layar lebar dengan judul Bean. Sepuluh tahun kemudian kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Mr. Bean’s Holiday.

Dengan brand yang berstruktur kuat, serial Mr. Bean menjadi film komedi paling sukses untuk televisi dan layar lebar. Hingga tahun 2020 ini juga masih tayang di banyak televisi.

Nama tokoh fiktif Mr. Bean dan brandname untuk serial televisi melambungkan Rowan Atkinson sebagai pemeran yang sukses dalam dunia komedi. Bukan hanya sebagai tokoh dalam serial televisi dan layar lebar, Mr. Bean juga menjadi pemeran di video clip musik Hale and Pace, Boyzone, Matt Willis dan juga Olly Murs. Bahkan Mr. Bean juga menjadi bintang iklan untuk REMA 1000, M&M’s, Nissan Tino dan Snickers.
Rowan Atkinson diangkat sebagai Commander of the British Empire pada Ulang Tahun Kehormatan 2013 untuk layanan drama dan amal yang telah dia lakukan.

Komedi memang sesuatu yang serius. Dan juga sebaliknya, keberhasilan Mr. Bean ini menjadi komedi dalam kehidupan nyata Rowan Atkinson yang menenggelamkannya dalam ketenaran Mr. Bean yang diperankannya.

Saat Anda berjumpa dengannya… “Hai, ini Mr. Bean!"